Welcome...

Total Pageviews

Follow by Email

Welcome To Bayoe's Site ........... "Inspirasi Dalam Hidup Untuk Terus Mencari Makna Diri ..." ---------------- Blog ini dibuat sejak 1 Pebruari 2008 --------------- Semua yang ada di dalam blog ini penuh dengan inspirasi, yang dapat dijadikan contoh untuk lebih semangat lagi dalam mengarungi hidup ini. Karena hidup adalah perjuangan, tidak ada kata menyerah dan putus asa... Hidup harus terus jalan... So Must Go On... Good Luck Bro...!!!

Wanita Sholehah

Posted by Bayoe Arwani 5/27/2008

Share

Rasulullah bersabda, "Dunia ini adalah perhiasan, sebaik-baiknya perhiasan adalah wanita salehah." ( HR. Muslim )


A. Perkataan, pikiran dan tindakannya selalu positif
Ia tidak menyia-nyiakan waktu untuk berkata-kata yang bermanfaat. Tidak ada dalam sejarahnya, wanita ini berkata ketus dan pedas yang memerahkan telinga siapapun yang mendengarnya. Sebaliknya, ia tidak banyak berkata-kata kecuali untuk kebaikan. Kata-katanya yang positif merupakan cermin dari apa yang ada dalam kepalanya. Penuh kehati-hatian dalam bertutur kata dan tidak ceroboh, sehingga kesalahan dapat terminimalis. Membunat nyaman orang-orang disekitarnya.

B. Murah senyum
Bagi wanita salehah, senyum adalah sedekah. Namun senyumnya tetap proporsional. Tidak setiap laki-laki yang dijumpainya diberikan senyum manis. Senyumnya ikhlas dan tidak menimbulkan fitnah bagi orang lain.

C. Menjaga ahlak
Wanita salehah pandai bergaul namun tidak larut dalam pergaulan yang melenakan. Kemampuannya sangat kuat untuk menjaga rasa malu. Ia mengambil hikmah dari setiap peristiwa yang ditemuianya. Ia selalu yakin bahwa yang patut ia hjaga adalah kekuatan hubungan dengan Allah, karena jika keterikatan itu semakin kuat akan membuahkan kebaikan bagi dirinya dan orang lain.

D. Menghindari fitnah
Wanita salehah menyadari kecantikan bisa menimbulkan fitnah. Kecantikan suatu saat bisa menjadi anugerah, tetapi jika tidak hati-hati, kecantikan bisa juga menjadi sumber masalah yang akan menyulitkan bagi pemiliknya. Tidak menyalahgunakan kecantikannya untuk berbuat kejahatan atau perbuatan keji lainnya. Karena itu, prinsipnya adalah taat kepada Allah dan Rasul-Nya.

E. Mendahulukan orang lain
Bila menjadi seorang istri, wanita solehah sangat pandai membangkitkan selera suaminya, dan mendahulukan kepentingan suaminya. Ia belum tidur sebelum suaminya tidur. Istri harus bisa menjaga harta suaminya saat dirumah ataupun di luar harus bisa menjaga harkat dan martabat suaminya. Istri harus patuh dengan suaminya, menghargai dan menghormati suaminya. Istri harus menyadari bahwa suaminya adalahj pimpinan dalam keluarga. Bila ia berada dalam lingkungan sosial, ia selalu mendahulukan kepentingan orang lain dibandingkan dirinya.


Hal - hal yang membuat wanita sulit mendapat predikat salehah :
A. Lupa mengingat Allah,
B. Silau akan keindahan dunia,
C. Mencintai dirinya sendiri secara berlebih-lebihan,
D. Hilangnya kepekaan sosial,
E. Mudah terperdaya dengan syahwat,
F. Hilangnya harga diri dan tidak menghargai orang lain.


"Katakanlah kepada wanita yang beriman, 'Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya dan janganlah mereka menampakkan perhiasan, kesuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya...' " (QS., An-Nuur: 31).


0 comments

Post a Comment

Bayoe say's, Terima Kasih Atas Komentar Anda

Web blog ini masih dalam pengembangan. Jika terdapat kekurangan di sana sini, tak ada kata yang tepat terucap selain kata maaf... Saran dan kritik membangun, senantiasa kunanti" ------------ Apabila ada yang bermanfaat di dalam blog ini, silakan anda mengambil dari posting ini, dan harap disertakan sumbernya. Terima kasih.
There was an error in this gadget

Popular Posts