Welcome...

Total Pageviews

Follow by Email

Welcome To Bayoe's Site ........... "Inspirasi Dalam Hidup Untuk Terus Mencari Makna Diri ..." ---------------- Blog ini dibuat sejak 1 Pebruari 2008 --------------- Semua yang ada di dalam blog ini penuh dengan inspirasi, yang dapat dijadikan contoh untuk lebih semangat lagi dalam mengarungi hidup ini. Karena hidup adalah perjuangan, tidak ada kata menyerah dan putus asa... Hidup harus terus jalan... So Must Go On... Good Luck Bro...!!!

Atasi Stres, Lewat Ketahanan Tubuh

Posted by Bayoe Arwani 6/27/2008

Share

BERBAGAI kejadian sehari-hari merupakan tantangan yang membutuhkan peran pemikiran, tubuh dan emosi. Individu beradaptasi terhadap stres, dan belajar menggunakannya demi keuntungan. Meski begitu, stres yang berlebihan akan mempengaruhi kualitas hidup. Manusia cenderung mendapat stres fisik dan psikologis.

Stres adalah salah satu kekuatan yang memaksa seseorang untuk berubah, tumbuh, berjuang, beradaptasi atau mendapatkan keuntungan. Semua kejadian dalam kehidupan, bahkan yang bersifat positif menyebabkan stres. Misalnya, kenaikan pangkat merupakan perubahan yang positif, namun tanggung jawab yang baru bisa menyebabkan stres.

Stres dalam kehidupan seseorang merupakan hal yang baik, namun akan menimbulkan masalah bila stres itu berlebihan. Berbagai kelainan yang berkaitan dengan stres adalah penyakit jantung, lambung, alergi, asma, hipertensi dan kemungkinan kanker. Stres juga dapat menyebabkan masalah psikologis, seperti depresi, kecemasan, sikap masa bodoh, kelainan makan dan penyalahgunaan alkohol serta obat-obatan.

Sudah menjadi rahasia umum, stres dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya permasalahan pada lambung. Masalah lambung akan berhubungan dengan masalah nutrisi, kebiasaan nutrisi yang buruk dapat menyebabkan stres. Nutrisi yang buruk juga dapat mengganggu keseimbangan zat-zat gizi, dan tubuh yang kekurangan zat gizi lebih rentan terhadap penyakit. Penyakit dapat meningkatkan kebutuhan tubuh akan zat-zat gizi.

Saluran pencernaan mempunyai fungsi sederhana, yaitu membuat persediaan makanan bagi tubuh dan memungkinkan pengeluaran kelebihan makanan yang tak dibutuhkan melalui ujung saluran pencernaan tersebut. Lambung merupakan ruang depan pada saluran pencernaan, di sinilah makanan disiapkan untuk pencernaan.

Normal tidaknya kerja lambung sebagian besar tergantung pada, apakah lambung itu secara tetap dimasuki jenis makanan yang tepat dan baik. Fungsi lambung mempersiapkan makan untuk pencernaan, dan apabila terlalu sedikit atau terlalu banyak jenis makanan yang tidak tepat, lambung akan menunjukkan tanda-tanda adanya kesukaran.

Karena itu, kita perlu melakukan apa yang dapat kita lakukan untuk menjaga agar lambung tetap sehat. Sesungguhnya kita semua mempunyai pusat pengendali nafsu makan, yang dimaksudkan untuk mengendalikan secara tepat kebiasaan makan kita. Lambung kita akan lebih sehat dan lebih kecil kemungkinannya tidak dapat menahan stres, bila kita mengendalikan kembali pusat pengendali nafsu makan kita.

Makanlah secara teratur, usaha untuk makan harus dilakukan setiap hari. Lebih baik makan porsi kecil dan snacks sepanjang hari daripada mencoba porsi besar. Hindari makanan beragam untuk mencegah peningkatan tekanan darah. Konsumsilah cukup cairan, namun jangan terlalu banyak minuman ringan yang mengandung kafein dan alkohol. Batasi gula hingga jumlah minimal.

Konsumsilah vitamin, buah-buahan, sayuran pada setiap kali makan dengan sedikit makanan kaya protein. Gunakan waktu makan untuk relaksasi dan bersitirahat agar penyerapan makanan berlangsung baik. Dengan makan teratur kita akan ditolong untuk membersihkan sebagian asam di dalam perut kita.

Kesehatan fisik

Pertahanan yang baik untuk stres, tubuh yang sehat dengan jaringan yang mengandung zat gizi secara optimal. Latihan fisik komponen utama pencegahan stres. Latihan fisik mempertahankan tulang yang sehat, otot, jantung, dan paru-paru. Latihan fisik juga menimbulkan kelegaan mental dan emosional, yang membantu seseorang mengatasi dan mencegah stres.

Latihan fisik sebaiknya dimasukkan dalam kegiatan rutin meski kondisi perasaan seseorang tidak tertuju pada aktivitas fisik. Berjalan-jalan pendek dapat menghilangkan ketegangan dan memperbaiki perasaan. Bila stres sangat berat hingga nafsu makan tertekan, makanan dapat menyebabkan mual dan muntah dan harus ditunggu hingga tenang.

Kesehatan fisik yang baik merupakan modal penting, dalam berperang melawan stres. Jangan coba menyimpan segala sesuatu masalah, karena jika Anda melakukan itu, akhirnya Anda akan merasa tidak mampu mengatasi masalah yang kecil sekalipun. Meski kita mengira bahwa kita mampu, namun setiap orang mempunyai titik kelemahan.

Cara paling bijaksanan untuk menghindari pertemuan dengan suatu masalah sebagai akibat keterbukaan terhadap stres, mencoba memastikan bahwa tingkat keterbukaan Anda terhadap stres setiap harinya dijaga pada batas kemampuan pribadi Anda sendiri.

Jika Anda menyimpan emosi dan menolak untuk membiarkan orang-orang di sekitar Anda melihatnya bila Anda merasa sedih dan marah, berarti Anda menimbun stres dan mengurangi kemampuan alamiah Anda untuk mengatasi hal-hal yang tak terduga.

Sementara itu mungkin Anda menemukan cara yang paling efektif untuk menghadapi gejala lambung, adalah latihan relaksasi baik secara mental maupun fisik. Belajarlah mengamati tanda-tanda pertama gangguan lambung, dan segera lakukan pengendalian stress anda. Kebaikan program untuk melawan stres tidak meninmbulkan kerugian. Tidak ada efek samping, semua yang Anda dapat adalah keuntungan.***

Penulis, mahasiswi Universitas Al-Ghifari

Sumber : Pikiran-rakyat.com

0 comments

Post a Comment

Bayoe say's, Terima Kasih Atas Komentar Anda

Web blog ini masih dalam pengembangan. Jika terdapat kekurangan di sana sini, tak ada kata yang tepat terucap selain kata maaf... Saran dan kritik membangun, senantiasa kunanti" ------------ Apabila ada yang bermanfaat di dalam blog ini, silakan anda mengambil dari posting ini, dan harap disertakan sumbernya. Terima kasih.
There was an error in this gadget

Popular Posts