Welcome...

Total Pageviews

Follow by Email

Welcome To Bayoe's Site ........... "Inspirasi Dalam Hidup Untuk Terus Mencari Makna Diri ..." ---------------- Blog ini dibuat sejak 1 Pebruari 2008 --------------- Semua yang ada di dalam blog ini penuh dengan inspirasi, yang dapat dijadikan contoh untuk lebih semangat lagi dalam mengarungi hidup ini. Karena hidup adalah perjuangan, tidak ada kata menyerah dan putus asa... Hidup harus terus jalan... So Must Go On... Good Luck Bro...!!!

Stevie Wonder

Posted by Bayoe Arwani 6/15/2008

Share

By : Daniel Standford, Standford University
Transletter By. Widya Harniawati

Kali ini saya akan membawa anda pada tahun 1963, dimana awal karier musikus Tuna netra Stevie Wonder membuatnya masuk dalam charts Tangga Lagu.
Salah satu alasan atas eksistensinya adalah ia menulis lagu dari hatinya dan pendengar di seluruh dunia tersihir oleh emosi dari lagunya.
Stevie menjelaskan “Kapanpun saya menulis, saya mencoba memasukkan apa yang saya rasakan . Kadang-kadang saya mendengarkan lagu-lagu lama saya untuk merasakan apakah saya masih bisa merasakan apa yang saya rasakan waktu menulis lagu ini. Dan ketika saya masih merasakannya, saya merasa saya sebagai penulis lagu yang sukses.”


Mungkin tidak ada artis lain yang membawakan musik sedalam dan berbakat, dengan kreativitas yang segar seperti Stevie Wonder. Selama 3 dekade, dia eksis dalam dunianya. Masing-masing album baru dia rilis secara artistic, mencoba musik baru, dan mencari cara untuk mengekspresikan dirinya.

Stevland Morris tumbuh di Detroit dan bergabung dengan Motown Records umur 11th. Hits pertamanya “Fingertips, Part 2,” sebuah track yang menanjak di radio pada tahun 1963 dengan energi yang meledak-ledak dan kelompok yang solid. Hit utama lainnya menyusul, termasuk “Uptight,” “I was Made to Love Her,” dan “For Once in My Life.”

Kemampuan musiknya mendukungnya untuk meraih kesuksesan tertinggi sebagai penata musik. Sbg seorang drummer, dia mengambil keahlian unik orang lain ke dalam penampilannya, seperti: Benny Benjamin (seorang mentor Motown) dan Bernard Purdie (drummer stax), tetapi dengan gayanya sendiri yang unik. Ternyata mendapat sambutan yang ekspresif dan mempengaruhi generasi drummer (contohnya: ‘Superstition’ dan ‘Sir Duke’). Dia jg seorang keyboadist, sebuah kemampuan yang tidak sejalan. Sebuah hal yang sepertinya sulit dilakukannya tetapi dia membuatnya lebih simple (sampai seseorang ingin menjiplaknya). Dia juga popular sbg keyboard bass, dan saingannya adalah pemain bass electric terbaik. Dia juga salah seorang pemain chromatic harmonica terbaik dengan jazz yang manis, mirip Toots Thielemans, tetapi dengan gaya dan timbrenya sendiri. Tetapi terlalu banyak ,drummer, keyboardist, pemain harmonica adalah bingkai dari suaranya, sebuah kombinasi instrumen yang mengubah dari komposisi keagamaan ke komposisi musik yang mewah dalam catatan kuarter. Meski saat mendengar pertama, suaranya biasa dan familiar dan tiap mendengar yang baru menambah nuansa penampilan vokalnya. Nafas dari lagunya tidak tergantung pada gaya dan idiom.

Menjadi penyanyi, pemain musik dan producer, ini kemampuan yang mengagumkan untuk bekrja di banyak bidang yang mendorongnya untuk meraih kepopuleran selama 3 dekade. Musiknya mempengaruhi beberapa generasi, beberapa diantaranya; Duke Ellington, Rogers & Hammerstein, Cole Porter, dan Lennon & Mc Cartney.

Dalam dunia rekaman, Wonder telah mempunyai pengaruh besar dalam cara rekaman yang diproduksinya. Dia adalah salah seorang artis yang pertama yang menggabungkan label records dengan banyak artis dalam albumnya pada th 1969. dalam albumnya itu, Wonder juga memainkan hampir seluruh instrumen, menata irama dan bagian terkecilnya, dan menggunakan multitracking tehnik untuk menambah daya tarik arrangemennya, sering juga menambah efek tambahan untuk memperkaya tekstur sonic. Kombinasi menarik perhatian sedetil mungkin dalam musiknya. “Saya senang mengkreasi musik,” kata Wonder, dan “menciptakan banyak pengalaman sonic. Saya melihat musik seolah kamu membangun bagian dari seni. Saya senang membuat sesuatu yang berbeda, sehingga kamu ingin mendengarkannya lagi dan menemukan sesuatu yang lain tiap waktu.”

Sebuah tanda dari keinginan Stevie untuk mengembangkan kariernya pada tahun 1996 album livenya, Natural Wonder, banyak lagu yang diarrangemen ulang sekitar 30 simfony orkresta. Mungkin ini lebih mudah untuk ditampilkan karena materinya sama seperti konser-konsernya yang lalu, tetapi ini tidak memberinya kesempatan untuk mengeksplor musik baru. Koleksi terbarunya hanya sedikit dalam albumnya itu, diantaranya: “Kiss Lonely Goodbye” dan “Redemption Song.” 35 th yang lalu’ kualitas dan kuantitasnya tidak sejalan. Dan melihat ke depan, ada banyak tanda bahwa The Best of Stevie Wonder masih akan dirilis.

Articel tambahan :

Kelompok : Musician

Nama Lahir (Nama Kecil) : Steveland Hardaway Judkins

Tempat, Tanggal lahir : Saginaw, Michigan, USA, 13 Mei 1950

Spouse :
Syreeta (14-Sep-70 - 1972), Kai Millard Morris (since 2001)

Claim to fame :
Single "Fingertips" [Part 2] (1963)

Discografi :
2007 : Rare Broadcasts
2006 : At the Close of the Century [Earbook]
2005 : A Time to Love
2005 : 20th Century Masters - The Millennium Collection: The Best of Stevie Wonder
2004 : 20th Century Masters - The Christmas Collection
2002 : The Definitive Collection
2001 : Yester-Me, Yester-You, Yesterday

Lebih lengkap, kunjungi juga : http://www.starpulse.com/Music/Wonder,_Stevie/

0 comments

Post a Comment

Bayoe say's, Terima Kasih Atas Komentar Anda

Web blog ini masih dalam pengembangan. Jika terdapat kekurangan di sana sini, tak ada kata yang tepat terucap selain kata maaf... Saran dan kritik membangun, senantiasa kunanti" ------------ Apabila ada yang bermanfaat di dalam blog ini, silakan anda mengambil dari posting ini, dan harap disertakan sumbernya. Terima kasih.
There was an error in this gadget

Popular Posts