Welcome...

Total Pageviews

Follow by Email

Welcome To Bayoe's Site ........... "Inspirasi Dalam Hidup Untuk Terus Mencari Makna Diri ..." ---------------- Blog ini dibuat sejak 1 Pebruari 2008 --------------- Semua yang ada di dalam blog ini penuh dengan inspirasi, yang dapat dijadikan contoh untuk lebih semangat lagi dalam mengarungi hidup ini. Karena hidup adalah perjuangan, tidak ada kata menyerah dan putus asa... Hidup harus terus jalan... So Must Go On... Good Luck Bro...!!!

Share

Beberapa waktu yang lalu, sebuah stasiun televisi swasta Nasional baru saja menayangkan acara "Jelang Siang" yang mengetengahkan sebuah profil usaha home industri "Whiendra Handicraft" dari Kediri Jawa Timur. Sebuah prestasi yang luar biasa dimana dari sekian home industri yang sudah ada, berhasil memperkerjakan masyarakat desanya sendiri dengan berkeinginan agar desa mereka menjadi lebih maju lagi. Sehingga, selain mereka bermata pencaharian sebagai petani, dengan adanya home industri ini paling tidak dapat lebih membantu mereka dalam mengangkat ekonomi masyarakat desanya.
Whiendra Handicraft, adalah sebuah usaha home industri (industri rumah tangga) sulaman tangan , kristrik , dan sulak songket rafia.

Usaha sulaman tangan , kristik dan sulak songket itu telah dirintis oleh Dra. Kuswinanti Andreas sejak tahun 1990-an. Berawal dari kegemaran menyulam dan menyongket yang dipelajari dari buku-buku sebagai bahan pustaka, Ibu Win (sapaan sehari-hari) terus berkarya dari waktu ke waktu.

Whiendra Handicraft yang tidak lain adalah milik dari bulik saya sendiri ini, terletak di Kabupaten Kediri tepatnya di Jl. Dr. Sutomo 17 RT 01 / RW 04 Desa Sidorejo - Pare - Kabupaten Kediri - Jawa Timur, kira-kira sekitar 2 kilometer dari tempat tinggal saya. Karena letaknya yang termasuk di pedesaan yang rata-rata mata pencahariannya adalah petani dan ibu rumahtangga , Ibu Win memiliki motivasi yang tinggi untuk menggerakkan potensi ekonomi masyarakat sekitarnya. Sekarang tidak kurang dari puluhan tenaga wanita yang menjadi pekerjanya. Ibu yang memiliki dua anak ini, Aning (17 thn)dan Septi (15 thn), telah mendaftarkan industri rumahtangganya Whiendra Handicraft kepada Dinas Pemasaran Kabupaten Kediri, dengan nomor SIUP : 622/13.27/PK/XI/2007.

Whiendra Handicraft berupaya mengangkat cipta karya produk dalam negeri. Produk yang dihasilkan secara tradisional ini memang memilki ciri khas tersendiri, yaitu menonjolkan karya tangan-tangan terampil. Semua sulaman dilakukan dengan tangan, sehingga setiap produk Whiendra Handicraft memiliki nilai seni yang tinggi. Hasilnyapun tidak kalah bila dibandingkan dengan produk lain, baik produk dalam negeri maupun luar negeri.

Saat ini sebagai bahan dasar pembuatannya adalah kain Belacu. Ya, memang semua bahan dari sulaman ini berasal dari Belacu (Unbleached fabric). Belacu adalah bahan jenis kain yang relatif murah, mudah diperoleh dan mudah diolah menjadi sebuah karya seni tinggi untuk keperluan interior rumah.

Ternyata belacu di pasaran makin populer, banyak tren interior sekarang yang memiliki kesan natural , klasik dan simpel. Dari struktur kain, Balacu ada yang tebal dan tipis. Dari tebal dan tipisnya, Belacu sangat memungkinkan diolah menjadi beberapa produk , seperti tirai, sprei, sarung bantal, taplak meja, bed cover, hiasan dinding, kain penutup telepon, kain penutup galon air dan pernak-pernik lainnya. Selain menghasilkan sulaman tangan Ibu Win juga memproduksi Kristrik kecil maupun besar , dan sulak songket rafia.

Wilayah pemasarannya selain di wilayah Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Blitar dan sekitarnya, juga sudah merambah ke luar propinsi seperti ke Makasar - Sulawesi Selatan. Untuk meningkatkan penjualan, Ibu Win sangat menginginkan sebuah media yang bisa membantu memasarkan sehingga customer bisa melihat semua jenis produknya, maka dibuatlah sebuah Website yaitu :
www.whiendra.com

Inilah hasil seleksi berbagai produk usaha kecil Kab.Kediri yang telah membawa pada impian Ibu Kuswinanti Andreas. Dan ini merupakan sebuah kesempatan pertamanya untuk mengenalkan "WHIENDRA Handycraft" kepada Indonesia, tepatnya tanggal 5-7 Desember di Surabaya.

Sumber :
http://whiendra.blogspot.com dan
http://www.whiendra.com

Isi dari artikel ini telah diedit kembali oleh :
Bayoe Arwani, Juli 2008

0 comments

Post a Comment

Bayoe say's, Terima Kasih Atas Komentar Anda

Web blog ini masih dalam pengembangan. Jika terdapat kekurangan di sana sini, tak ada kata yang tepat terucap selain kata maaf... Saran dan kritik membangun, senantiasa kunanti" ------------ Apabila ada yang bermanfaat di dalam blog ini, silakan anda mengambil dari posting ini, dan harap disertakan sumbernya. Terima kasih.
There was an error in this gadget

Popular Posts