Welcome...

Total Pageviews

Follow by Email

Welcome To Bayoe's Site ........... "Inspirasi Dalam Hidup Untuk Terus Mencari Makna Diri ..." ---------------- Blog ini dibuat sejak 1 Pebruari 2008 --------------- Semua yang ada di dalam blog ini penuh dengan inspirasi, yang dapat dijadikan contoh untuk lebih semangat lagi dalam mengarungi hidup ini. Karena hidup adalah perjuangan, tidak ada kata menyerah dan putus asa... Hidup harus terus jalan... So Must Go On... Good Luck Bro...!!!

Anak-anak Hendak Menjadi Apa

Posted by Bayoe Arwani 12/14/2008

Share

Ibu bapak bertanggung jawab sepenuhnya membentuk dan membina anak. Bermula dari kepribadian, gaya bercakap, akhlak, minat dan segala-galanya.

Membiarkan anak membesar tanpa panduan juga penyerahan seratus persen pendidikan dan pembentukan tingkah laku anak kepada sekolah bukanlah perkara yang bijak.
Anak-anak kecil kebiasaannya menyebut: “besar nanti adik mau jadi tentara”, “adik mau jadi polisi, bisa menangkap orang jahat” Karena mereka terpukau dengan pakaian dan penampilan hebat polisi dan tentara.

Bila umur meningkat cita-cita akan berubah kepada guru dan ustadz karena merekalah yang berada disekeliling anak-anak, selanjutnya berubah lagi kepada doktor dan insinyur. Inilah faktor suasana yang membentuk di otak kanak-kanak.

Dalam era Akademi Fantasi Neraka kehebatan artis penyanyi di”manis-manis”kan dihadapan mereka, hingga tenggelamkan kehebatan para sahabat dan ulama dalam memperjuangkan Islam.

Mengikut pakar psikologi, sekiranya mau naka menjadi doktor paparkan kehebatan doktor. Pastikan kamar tidur dan mainan anak ada kaitannya dengan profesi kedoktoran. Sekiranya maukan anak menjadi ulama pastikan awal usianya dicorakkan dengan kehidupan ulama bukannya kehidupan ala artis dan gemerlapnya hiburan yang merusak jiwa.
Jangan salahkan anak apabila dewasa gagal nenunaikan harapan untuk melihat mereka berhasil sebagai seorang doktor misalnya, sekiranya didikan ala-ala Akademi Fantasi Neraka itu.

Seriusnya seorang bapak Imam Haramain dalam mendidik anak, penjagaan makanan anaknya sangat ketat hingga susu tetangganya yang diminum oleh Imam Haramain dimuntahkan paksa oleh ayahnya gara-gara tetangganya berjual beli tanpa akad yang jelas.
Ketika umur itu Imam Haramain baru sekitar setahun. Lantas lahirlah ulama besar ini dalam kantung rahmat Allah hasil tarbiah seorang ayah. Kita bagaimana? Makan minum yang syubhat, pengisian jiwa dan fisik anak, adakah sudah tertunai?

Biarlah anak memilih sendiri bidang yang digemari. Cuma tanggungjawab orang tua memandu ke arah yang terbaik. Yang penti anak mesti berguna kepada diri, agama dan ummah, walaupun apa pun title mereka.

0 comments

Post a Comment

Bayoe say's, Terima Kasih Atas Komentar Anda

Web blog ini masih dalam pengembangan. Jika terdapat kekurangan di sana sini, tak ada kata yang tepat terucap selain kata maaf... Saran dan kritik membangun, senantiasa kunanti" ------------ Apabila ada yang bermanfaat di dalam blog ini, silakan anda mengambil dari posting ini, dan harap disertakan sumbernya. Terima kasih.
There was an error in this gadget

Popular Posts