Welcome...

Total Pageviews

Follow by Email

Welcome To Bayoe's Site ........... "Inspirasi Dalam Hidup Untuk Terus Mencari Makna Diri ..." ---------------- Blog ini dibuat sejak 1 Pebruari 2008 --------------- Semua yang ada di dalam blog ini penuh dengan inspirasi, yang dapat dijadikan contoh untuk lebih semangat lagi dalam mengarungi hidup ini. Karena hidup adalah perjuangan, tidak ada kata menyerah dan putus asa... Hidup harus terus jalan... So Must Go On... Good Luck Bro...!!!

Hamba Tak Sempurna

Posted by Bayoe Arwani 1/13/2009

Share

Bukan, bukan mata yang terpejam atau raga yang terlelap dalam istirahat panjang. Bukan pula mimpi-mimpi indah atau suara dengkur yang teratur karena lelah, hingga lengah dan lupa akan kenyataan. Musibah itu bermula dari kalbu yang tertidur meski dalam mata yang terjaga, juga meski dalam badan yang hilir mudik dibawa berjalan-jalan. Hingga seruan Sang Nabi dan para pengemban risalah lalu bersama bayu. Tak sempat menyapa dalam sua dingin membisu. Kalbu yang layu dan lesu, hingga tak bergegas menyambut seruan kebenaran itu.

Sebab cahaya kebenaran hanya terlihat oleh mata batin yang terjaga. Yang pendar-pendarnya menghidupkan kalbu, kemudian memberinya energi untuk bergerak dan bangkit dari keterpurukan, dari lunglai yang membinasakan. Ia menjauh dari hati yang lumpuh dalam nyenyaknyafatamorgana dunia dan jatuh bersimpuh dihadapan nafsu yang meraja. Dan kepadanya ia menghamba.

Cahaya kebesaran itu terang benderang, seumpama panas di hari siang. Ia menyuguhkan pandangan tentang nikmat Sang Pencipta tak terperikan. Yang sebagiannya bersarang di dalam diri-diri kita sendiri. Anugerah terlimpah tak terhngga, yang karenanya tak mungkin manusia sanggup menghitung jumlah dan mencapai batas-batasnya. Lahir batin, dunia akhirat!

Kalbu yang mengerti bahwa karunia-Nya melampaui semua bentuk pengharapan. Tunai terbayarkan bahwa tanpa pernah diminta.Kalbu yang insaf bahwa persembahan amal shalih kepada Allah, Sebanyak apapun, takkan pernah sebanding dengan harga dan nilainya. Betapa banyak pemberian Allah, dan betapa sedikit amal kita. Sungguh, ia bukanlah perbandingan yang pantas!

Maka, syukur menjadi sebuah kewajiban tanpa batas waktu. Mengiringi rasa malu akan kekurangan dan kealpaan diri dalam pelaksanaan kewajiban yang penuh cacat dan noda-noda dosa. Sebab, selain ia tak akan pernah sempurna, dosa-dosa kita, mengandungi bahaya yang mengancam keselamatan abadi.

Tidak ada jalan lain selain senantiasa membersihkan hati darinya dengan mengakui kekurangandiri, seraya memuji kesempurnaan nikmat-Nya. Berjanji untuk kembali kepada Allah dengan membawa hati yang menyerah inilah yang insyaallah, beroleh barokah. Hingga kalimat taubat diiringi istighfar meluncur mulus dari lisan kita dengan tulus. Ya Allah, ampuni kami!

Selanjutnya adalah selalau menambah amal shalih, sebab, ialah salah satu cara menghapus keburukan-keburukan dosa. Hingga tidak ada lagi hari-hari kita sunyi dari kebaikan amal, sepi dari taubat dan istighfar. Hari –hari yang sesudahnya, insyaallah, selalu lebih baik dari yang sebelumnya, agar hidup tidak kita sesali, sebab kita merugi secara hakiki.

Selalu hanya sedikit diantara hamba-hamba yang tahu. Dan, mungkinkah kita termasuk diantara mereka? Semoga!

1 Responses to Hamba Tak Sempurna

  1. bingungin Says:
  2. Sebuah renungan tentang betapa diri kita sangat jauh dari sebuah kesempurnaan.

    Mas Bayoe, salam kenal dari saya nun jauh di samarinda. Senang sekali saya dikunjungi oleh mas bayoe yang tak disangka mempunyai keterkaitan dengan Kota Samarinda.

    Semoga ini menjadi awal sebuah persahabatan.

     

Post a Comment

Bayoe say's, Terima Kasih Atas Komentar Anda

Web blog ini masih dalam pengembangan. Jika terdapat kekurangan di sana sini, tak ada kata yang tepat terucap selain kata maaf... Saran dan kritik membangun, senantiasa kunanti" ------------ Apabila ada yang bermanfaat di dalam blog ini, silakan anda mengambil dari posting ini, dan harap disertakan sumbernya. Terima kasih.
There was an error in this gadget

Popular Posts