Welcome...

Total Pageviews

Follow by Email

Welcome To Bayoe's Site ........... "Inspirasi Dalam Hidup Untuk Terus Mencari Makna Diri ..." ---------------- Blog ini dibuat sejak 1 Pebruari 2008 --------------- Semua yang ada di dalam blog ini penuh dengan inspirasi, yang dapat dijadikan contoh untuk lebih semangat lagi dalam mengarungi hidup ini. Karena hidup adalah perjuangan, tidak ada kata menyerah dan putus asa... Hidup harus terus jalan... So Must Go On... Good Luck Bro...!!!

Mulia Tanpa Dusta

Posted by Bayoe Arwani 2/03/2009

Share

Dusta adalah aib yang paling menghinakan, menjadikan pelakunya tak bernilai di mata manusia karena jatuh pada derajat yang paling rendah dari tingkatan orang-orang yang tidak layak untuk dipercaya.

Dusta merupakan penyakit yang tidak hanya merusak pribadi perseorangan namun berakibat buruk dalam kehidupan bersama. Sayangnya, di zaman kita ini, dusta seolah sudah menjadi budaya. Kita semua bisa menyaksikannya!

Dalam benak kebanyakan orang sekarang, bisa jadi dusta dianggap hal sepele sehingga menjadi sesuatu yang paling ringan untuk dilakukan dalam bermacam tema kahidupan. Padahal, dusta adalah persoalan besar dan sangat berat konsekuensinya, meski sekecil apapun urusannya dan seremeh apapun tujuannya. “Celakalah orang yang berbicara dengan sesuatu pembicaraan dusta untuk membuat orang lain tertawa, celakalah ia, celakalah ia, celakalah ia.” (HR. Imam Ahmad).

Dalam konteks pribadi dan harga diri, akibat dusta cukup diterangkan sebagai berikut;

Dusta sama sekali bukan perkara yang pantas disandang dan menjadi tabiat seorang yang beriman. Rasulullah SAW bersabda, “Seorang mukmin itu ditabiatkan pada semua sifat selain sifat khianat dan dusta.” (HR. Imam Ahmad). Adanya kedustaan menandakan tiadanya keimanan seseorang, dan ketiadaan iman pada seseorang adalah status kehinaan paling telak dan tidak ada yang lebih buruk dari itu.

Berdusta, apalagi membiasakan diri dengannya, sesungguhnya itu termasuk perkara yang melampaui batas dan menganiaya diri sendiri. Allah SWT mengutuk orang-orang yang demikian, “Terkutuk orang-orang yang dusta” (Q.S. Adz-Dzariyat: 10). Masih adakah kemuliaan yang memiliki seorang hamba jika Allah saja mengutuknya?

Dusta adalah salah satu sebab diantara sebab-sebab yang menjadikan seseorang jauh dari hidayah. “Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang melampaui batas lagi pendusta.” (Q.S.Ghafir: 28). Apa yang layak diharap dari orang yang jauh dari petunjuk? Tidak ada, kecuali kerusakan dan madharat dalam ucapan dan perbuatan.

Dusta akan mengantarkan pada kedustaan berikutnya, demikian seterusnya kecuali orang tersebut memutus rantainya dengan bertaubat, meninggalkan kedustaan sejauh-jauhnya dan berlaku jujur seketika itu juga. Ibnu Mas’ud berkata, “Seseorang itu akan terus-menerus berdusta dan mencari-cari cara berdusta sampai suatu titik hitam dititikkan dihatinya. Demikian sampai hitam seluruh hatinya dan ia ditulis disisi Allah sebagai salah seorang pendusta.” Jadi tidak sepenuhnya salah jika orang lain selalu khawatir dan curiga dengan orang yang pernah berdusta, karena bisa jadi setelah itu akan ada dusta lagi.

Yang paling mengerikan, dusta pada diri seseorang menjadi tanda adanya sifat munafik pada orang tersebut. Rasulullah SAW bersabda, “Empat hal yang apabila terkumpul pada diri seseorang maka ia benar-benar seorang munafik tulen. Dan barang siapa melekat padanya salah satu dari keempatnya berarti ada sifat munafik pada dirinya sampai ia meninggalkannya. Keempat hal itu adalah; jika berbicara berdusta, jika diberi kepercayaan berkhianat, jika berjanji menyelisihinya, dan jika bertengkar berbuat jahat.” (H.R. Bukhari dan Muslim). Adakah kemuliaan yang tersisa pada diri seseorang yang telah dicap sebagai orang munafik? Jika ingin mulia (di dunia dan akhirat), jangan pernah berdusta!

Wallahu A’alam

Sumber: ar-risalah No.90/Vol.VIII/Des 2008

0 comments

Post a Comment

Bayoe say's, Terima Kasih Atas Komentar Anda

Web blog ini masih dalam pengembangan. Jika terdapat kekurangan di sana sini, tak ada kata yang tepat terucap selain kata maaf... Saran dan kritik membangun, senantiasa kunanti" ------------ Apabila ada yang bermanfaat di dalam blog ini, silakan anda mengambil dari posting ini, dan harap disertakan sumbernya. Terima kasih.
There was an error in this gadget

Popular Posts