Welcome...

Total Pageviews

Follow by Email

Welcome To Bayoe's Site ........... "Inspirasi Dalam Hidup Untuk Terus Mencari Makna Diri ..." ---------------- Blog ini dibuat sejak 1 Pebruari 2008 --------------- Semua yang ada di dalam blog ini penuh dengan inspirasi, yang dapat dijadikan contoh untuk lebih semangat lagi dalam mengarungi hidup ini. Karena hidup adalah perjuangan, tidak ada kata menyerah dan putus asa... Hidup harus terus jalan... So Must Go On... Good Luck Bro...!!!

Serupa Tapi Tak Sama

Posted by Bayoe Arwani 4/25/2009

Share

Dalam banyak hal, kenyaris-samaan selalu membingungkan. Kondisi kembar hampir identik yang memusingkan akal dan menggelisahkan kalbu, juga menyiksa jiwa karena kita harus memilih keberpihakan.Adakah cerah mengenali keserupaan yang hakikatnya tak sama ini? Menyibak selubung halus yang menyamarkan ciri-ciri khusus pembeda keduanya; nikmat atau laknat. Hingga kita tak silau memandanginya, tak lelah mencari dan memaknai pencapaiannya.

Berawal dari pemahaman tentang kejelasan tujuan hidup; ridha Allah, sebagai satu-satunya perolehan yang sah bagi apapun bentuk aktifitas yang kita pilih, semua menjadi lebih mudah diurai. Sebab meski ia sendirinya adalah misteri dan ghaib, tetapi ia meninggalkan jejak-jejak yang jelas untuk diikuti. Maka meski kita tidak akan pernah bisa memastikan tercapainya keridhaan Allah dalam sebuah amal, ia tidak akan pernah keluar dari dua syarat utama penerimaan amal; ikhlas sebagai syarat batin, ittiba’us sunnah sebagai syarat zhahir. Begitu selalu adanya.

Dari sinilah, tindakan, harapan, dan capaian menemukan sinerginya. Syariat yang membingkai tindakan, keikhlasan yang melambungkan harapan, serta ketakwaan yang menjadi ukurannya, berpadu dengan manisnya. Jejak-jejaknyajelas terlihat bagi pemilikkecerdasan penting tapi langka ini, karena ia pernah menghasilkan generasisahabat yang bergelar ‘Allah ridha kepada mereka’. Sungguh, ia bukan sesuatu yang tak ada dan bukan pula tak mungkin ada.

Maka seluruh upaya dan hasil yang kasat mata di dunia, harus selalu sejalan dengan keabsahan syariat untuk disebut nikmat. Dan inilah benang halus yang menjadi cirri pembeda dengan musuh kembarnya; azab berselimut nikmat. Yang sering mengecoh pandangan dan mengakau pikiran, hingga hamba-hamba terkutuk menjadi panutan, dan jalan kesesatan menjadi pilihan. Padahal alangkah jauh hakekat keduanya! Sebab yang satu adalah berkah dari Sang Mahakuasa, sedang yang lain adalah hujjah atas pemilikannnya.

Ketika itulah ilmu dan intelektualitas adalah pengantar ikhlas, bukan atribut kecerdasan kosong yang membuat kosong. Kekuatan jasmani dan ruhani adalah jalan makriftat, yang berubah ketundukan dan bukan pengingkaran. Stiap keadaan adalah untuk membela tegaknya kebenaran, bukan mendukung kebatilan. Setiap kesempatan adalah peluang untuk meraih keridhaan Allah, bukan malah mengundang kemurkaan-Nya. Setiap harta foya-foya. Sebab seluruh taat berkebalikan dengan maksiat, maka sebuah pencapaian tak akan lepas dari cara pencapainya.

Akan halnya penerimaan, penghormatan, penghargaan, dan kecintaan yang kita peroleh dari sesame manusia, jika ia kita adalah buah taat dan bukan karena akhlak bejat, maka ia adalah nikamat. Namun jika sebaliknya, ia adalah laknat. Pun demikian pula hasil perenungan yang kita lakukan dalam hidup ini. Apakah buahnya adalah kemantapan iman, yang karenanya disebut nikmat, atau malah menjadikan iman berlumur keraguan yang karenanya disebut azab.

Selalu, setiap detik yang berlalau adalah jenjang menuju Allah. Awal, tengah, hingga akhirnya nanti. Semoga kita tak terpedaya akan miripnya penampakan, sebab hakikat keduanya jauh berbeda. Ya Allah, tajamkan pandangan kami, bersihakn pula kalbu kami, agar ia memandu kami meniti ridha-Mu!

0 comments

Post a Comment

Bayoe say's, Terima Kasih Atas Komentar Anda

Web blog ini masih dalam pengembangan. Jika terdapat kekurangan di sana sini, tak ada kata yang tepat terucap selain kata maaf... Saran dan kritik membangun, senantiasa kunanti" ------------ Apabila ada yang bermanfaat di dalam blog ini, silakan anda mengambil dari posting ini, dan harap disertakan sumbernya. Terima kasih.
There was an error in this gadget

Popular Posts